Sunday, November 14, 2010

Kemana Sepatuku ?

Ada banyak kesan yang dirasakan setiap peserta camping yang ada di Marina Camping  ground. Group Jawa dan Sumatera yang bercamping selama 7 hari misalnya, dalam beberapa tantangan yang dilalui setiap peserta calon pembina,mulai dari melewati hutan, bebatuan disepanjang pantai yang digenangi oleh air laut sampai penyeberangan muara sungai ada di tepi pantai.
Tantangan penyeberangan ini harus teliti dan melihat secara jelas dibagian mana yang harus dilalui karena sebagian daerah itu mencapai kedalaman kurang lebih 2 meter. Kejelian sangat dibututuhkan untuk mengetahui wilyah mana yang bisa dilewati tanpa ada resiko.
Peserta dari Kudus misalnya,ketika menyeberang sungai dan ternyata harus dilalui dengan cara berenang, secara tidak sadar sepatu sebelah telah ketinggalan didasar. Lalu dia bertanya kesesama teman-teman, "mana sepatuku"?Tentu saja para peserta lain ikut tertawa karena sepatu yang dipakainya tinggal ada sebelah. Beberapa teman group ikut menyebur,menyelam sambil mencari sepatu yang tertinggal didasar. Meskipun sudah berusaha tapi tidak ketemu,lalu mereka meninggalkan tempat itu untuk bergegas melewati tantangan yang lain. Inilah pengalaman yang takterlupakan sepanjang mengikuti kursus singkat untuk calon pembina.
Bravo....

No comments:

Post a Comment